Rabu, 18 November 2015

UTS


A. Yang telah di pelajari dari pertemuan pertama (1) sampai pertemuan ke tujuh(7)
 1. Sejaran internet 
    internet merupakan komputer yang di bentuk oleg Departemen pertahanan Amerika serikat pada    tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemostrasikan dengan hardeware dan software komputer yang berbasis UNIX.
ujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Pendahulu
Sebelum Internet muncul, telah ada beberapa sistem komunikasi yang berbasis digital, salah satunya adalah sistem telegraf yang seringkali dianggap sebagai pendahulu Internet. Sistem ini muncul pada abad ke-19, atau lebih dari seratus tahun sebelum internet digunakan secara meluas di tahun 1990-an. Teknologi telegraf sendiri berasal dari konsep yang ada bahkan sebelum komputer moderen pertama diciptakan, yaitu konsep pengiriman data melalui media elektromagnetik seperti radio atau kabel. Namun teknologi ini masih terbatas karena hanya mampu menghubungkan maksimal dua perangkat.
Di era selanjutnya, ilmuwan seperti Claude Shannon, Harry Nyquist, dan Ralph Hartley, mengembangkan teori transmisi data dan informasi, yang menjadi dasar bagi banyak teori di bidang ini. Perkembangan terjadi antara lain dalam bentuk jangkauan yang lebih luas dan kecepatan yang meningkat. Namun kesulitan masih terjadi karena hubungan antara dua alat komunikasi tersebut harus terjadi secara fisik, misalnya melalui kabel. Sistem seperti ini tentu tidak aman karena dapat dengan mudah diputus khususnya saat terjadi perang.

 2. Konsep Internet 
Agar dapat mengenal internet lebih dalam dan tidak hanya mengetahui definisinya saja.....

Network

Kebanyakan para pengguna PC menggunakan PC mereka sendiri tanpa menghubungkannya ke perangkat apapun selain Printer. Bagaimanapun juga, kita selalu dapat menghubungkan dua buah PC dengan sepotong kabel agar dapat saling berkomunikasi. (Biasanya hanya mentransfer data).
Sebagai intisari, ini adalah yang disebut sebagai jaringan – dua komputer atau lebih yang terhubung secara fisik dengan sepotong kabel. Hubungan di antara kedua komputer tersebut kemudian diatur dan dioperasikan dengan perangkat lunak khusus.

LAN

Sangat masuk akal untuk membuat kelompok jaringan komputer dimana dapat berbagi beban kerja yang sama, seringkali untuk alasan finansial dan lainnya. Jaringan komputer dimaksudkan bahwa orang  yang menggunakannya dapat berbagi file secara mudah, saling berkirim pesan, dan saring berbagi printer. Ide ini kemudian dikembangkan sebagai LAN. LAN bisa dalam bentuk kecil seperti hanya dalam lingkungan kantor, atau seluruh kota.


WAN

Dalam beberapa kasus, organisasi tersebar di beberapa area yang luas, dan kemampuan LAN tidak mumpuni untuk melakukan tugas komputasi. Dalam keadaan ini, komputer dapat dihubungkan dengan jaringan yang lebih luas yaitu WAN. Perbedaan antara WAN dengan LAN tidak hanya dari segi jarak, tapi juga mengacu ke teknologi. Dengan LAN kita akan mendapat jaringan yang lebih cepat daripada kita memakai WAN.

LAN dengan WAN tidak bekerja sendiri masing-masing, faktanya mereka bergabung bersama dengan sangat baik. Beberapa perusahaan memiliki keduanya, dimana WAN menghubungkan bagian-bagian dari LAN.

Jika kita mengambil sebagian kecil prinsip, jaringan tergabung membentuk jaringan yang besar, yang mana akan tergabung menjadi jaringan yang lebih besar dan seterusnya, sekarang kita mendapatkan gambaran apa internet itu. Secara fisik, internet hanya sekumpulan LAN dan WAN yang telah tergabung dalam level nasional maupun internasional.
Bagaimanapun, internet lebih dari itu. Internet tidak hanya untaian kabel, tapi juga bagaimana informasi terkirim dari satu komputer ke komputer lain. Ambil contoh seperti membuat rute perjalanan. Jika kita mengantar seseorang dalam mobil ke suatu tempat, kita tidak bisa melakukan salah satu dari kedua hal ini :
  •  Memberikan mereka detail tertulis yang rinci mengenai bagaimana untuk sampai ke tujuan mereka. Sebab mereka tidak punya cara lain menemukan jalan mereka, mereka akan tetap pada instruksi yang kita berikan meskipun mereka dapat melihat perbaikan jalan di depan.
  • Memberikan mereka peta dan biarkan mereka menemukan jalan mereka sendiri. Jika terdapat  perbaikan jalan, atau semacam blokade lainnya maka mereka dapat juga membaca peta dan mencari jalan baru, atau mengikuti tanda pengalihan jalan.


Informasi dalam jaringan sebenarnya bekerja layaknya metode pertama. Dia telah diberikan instruksi yang rinci tentang bagaimana mencapai tujuannya. Bagaimanapun, jika terdapat hambatan, katakanlah komputer dimatikan, perjalanan informasi juga tertunda sampai hambatan itu selesai. Sekarang informasi lebih pintar dan dapat mencari jalannya sendiri, jadi jika terdapat hambatan dia akan mencoba dan melalui beberapa jalan lain. Itu semua lebih cerdas, dan telah diciptakan oleh Industri Pertahanan Amerika yang bertanya “Jika seseorang menjatuhkan bom yang sangat besar pada jaringan komputer kita, apakah itu masih akan berfungsi?”. Kecerdasan pertukaran informasi sekarang dapat melakukanny 

3.  KONSEP E-MAIL
  Email adalah kependekan dari electronic mail. Jadi singkatan email berasal dari bahasa inggris yang artinya “surat elektronik” tersebut. Terkadang, dalam bahasa indonesia, kita mungkin menemukan ada orang yang menggunakan singkatan yang serupa, yakni ‘surel’. Barangkali singkatan surel ini digunakan untuk menandingi singkatan email. Hanya saja, secara pribadi, saya lebih menyukai penyebutan email daripada surel. Email sendiri merupakan salah satu fasilitas internet yang penggunaanya cukup luas. Entah itu untuk berikirim pesan, atau untuk aktivasi akun tertentu. Kita tentu ingat bagaimana twitter dan facebook menggunakan email sebagai salah satu cara untuk mendaftar di akun mereka. Barangkali, hal ini disebabkan email merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. kelebihan email lainnya yang kita rasakan adalah kita dapat mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan dengan biaya yang murah. Email yang dikirimkan akan sampai di alamat yang dituju sesaat setelah email tersebut dikirimkan. Barangkali hanya beberapa menit dari email tersebut dikirimkan.
Tentu perbandingan email dengan surat biasa ini begitu kontras, karena jika mengirim menggunakan surat biasa, barangkali kita butuh beberapa hari sampai email tersebut diterima. meskipun perbedaan email dengan surat biasa ada banyak, namun sebagian konsep email sama dengan pengiriman surat melalui pos. Masing-masing orang mempunyai kotak pos sendiri dengan alamat tersendiri. Kita tinggal mengirimkan surat ke kontak pos tertentu dengan alamat tertentu pula. Kemudian si penerima akan membuka kotak posnya dan menemukan surat yang kita kirim. Demikian juga dengan email, masing-masing orang mempunyai alamat email sendiri-sendiri. Jika kita ingin mengirimkan email, kita tinggal mengirimkan ke alamat email orang tersebut. Hanya saja, kita perlu berhati-hati, karena salah satu huruf atau garis bawah atau angka dalam alamat email yang kita tuliskan, hampir bisa dipastikan bahwa email tersebut tidak akan sampai ke orang yang kita tuju.

Definisi Email menurut para ahli:
Ali Zaki & Smitdev Community
Email adalah surat elektronik, yang memungkinkan semua orang saling berkirim pesan via jaringan internet
Happy Chandraleka
Email merupakan surat yang disampaikan melalui perangkat elektronik yang dinamakan komputer
Jasmadi & E-Media Solusindo
Email adalah singkatan dari electronic mail. Singkatnya, e-mail merupakan metode berkirim pesan secara elektronik via internet
Tyas Vanneza
Email adalah layanan yang dapat digunakan untuk mengirim pesan instan yang dilakukan secara elektronik
Darma, Jarot S, Shenia A
Email merupakan singkatan dari electronic mail, memiliki prinsip kurang lebih sama seperti saat kita berkirim surat, hanya saja via internet, bukan lewat pos
Definisi menurut Erima Oneta & Yosep. S
Email adalah salah satu fasilitas di internet yang begitu populer dan merupakan fasilitas yang paling awal dikembangkan di internet. Dengan e-mail, kita dapat menyusun, mengirimkan, membaca, membalas, dan mengelola pesan secara elektronis dengan mudah, cepat, tepat, dan aman
Indra Kertarajasa Furqon
Email merupakan singkatan dari electronic mail yang dalam bahasa Indonesia adalah surat elektronik. Sesuai dengan namanya, email digunakan untuk melakukan kegiatan surat - menyurat melalui jaringan internet 
 

4. JEJARING SOSIAL

4. Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
Sejarah Jejaring Sosial

Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus padahubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuatikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaringsosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yangkemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputitidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan penggunakontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosialMySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaingyang tumbuh dengan cepat.Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketikaYahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeliMySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005.Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Layanan Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chatsuara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan

5. mesin pencarian
Mesin pencari web (bahasa Inggris: web search engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.

Sejarah

Saat awal perkembangan internet, Tim Berners-Lee membuat sebuah situs web yang berisikan daftar situs web yang ada di internet melalui peladen web CERN. Sejarah yang mencatat sejak tahun 1992 masih ada hingga kini.[2] Dengan semakin banyaknya situs web yang aktif membuat daftar ini tidak lagi memungkinkan untuk dikelola oleh manusia. Utilitas pencari yang pertama kali digunakan untuk melakukan pencarian di internet adalah Archie yang berasal dari kata "archive" tanpa menggunakan huruf "v".[3] Archie dibuat tahun 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, saat itu adalah mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat. Cara kerja program tersebut adalah mengunduh daftar direktori serta berkas yang terdapat pada layanan ftp publik (anonim) kemudian memuatnya ke dalam basisdata yang memungkinkan pencarian.
Mesin pencari lainnya seperti Aliweb, muncul di 1993 dan masih berjalan hingga saat ini. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos, yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset pada tahun 1994.
Segera setelah itu, banyak mesin pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk di antaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Masing-masing bersaing dengan menambahkan layakan-layanan tambahan seperti yang dilakukan oleh Yahoo.
Tahun 2002 Yahoo! mengakuisisi Inktomi, setahun kemudian mengakuisisi AlltheWeb dan Altavista kemudian meluncurkan mesin pencari sendiri yang didasarkan pada teknologi gabungan dari mesin-mesin pencari yang telah diakuisisinya serta memberikan layanan yang mengutamakan pencarian Web daripada layanan-layanan lainnya.
Di bulan desember 2003, Orase menerbitkan versi pertama dari teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak fungsi baru dan tingkat unjuk kerja yang jauh lebih baik.
Mesin pencari juga dikenal sebagai target investasi internet yang terjadi pada akhir tahun 1990-an. Beberapa perusahaan mesin pencari yang masuk ke dalam pasar saham diketahui mencatat keuntungan besar. Sebagian lagi sama sekali menonaktifkan layanan mesin pencari, dan hanya memasarkannya pada edisi-edisi enterprise saja, contoh Northern Light sebelumnya diketahui merupakan salah satu perintis layanan mesin pencari di internet.

 

6. Opencar adalah:
OpenCart adalah content management system / shopping cart system berlisensi GPL (General Public License) yang bersifat open source sehingga bebas digunakan dan dikembangkan. Artinya, kita dapat menggunakan source code dari Opencart untuk membuat toko online dengan gratis. Itulah mengapa OpenCart memiliki banyak sekali relawan-relawan dan komunitas pengembang di seluruh dunia termasuk Indonesia yang menjadikan OpenCart menjadi content management system ecommerce yang populer untuk membuat toko online.

sejarah Terlahirnya OpenCart
OpenCart adalah gagasan dari Daniel Kerr berusia 34 tahun, seorang pengembang berbakat dari Blackpool, Inggris yang tidak bisa menemukan sistem yang sempurna, jadi dia membuat sendiri. Dia telah terlibat dalam pengembangan osCommerce 2003-2005, menulis sejumlah kontribusi atau add-on ekstensi untuk program osCommerce, akhirnya frustrasi dengan pekerjaannya tersebut. Saat ini Hari Kerr telah tinggal di Hong Kong bersama keluarganya.
Tujuan Kerr adalah membuat program clean small ecommerce dengan menggunakan 90% code yang lebih sedikit dibandingkan shopping cart lainnya, template system, search engine friendly, valid XHTML, dan CSS. Hal-hal tersebut tidak ada pada osCommerce.
Awalnya pada tahun 2004 OpenCart dibuat menggunakan bahasa pemrograman CGI. Lalu pada tahun 2005 Daniel Kerr membeli domain opencart.com untuk mempublikasikan OpenCart yang telah dibuatnya.
Pada tahun 2005-2009 OpenCart dalam pengembangan dan akhirnya OpenCart versi 1.0 dipublikasikan. Sejak saat itu OpenCart selalu merilis versi terbarunya hingga sekarang yang bisa kita gunakan untuk membuat toko onlin

Perkembangan OpenCart

Opencart dikembangkan dengan mengikuti perkembangan teknologi web dan kebutuhan pengguna secara global, sehingga Opencart selalu merilis update versi terbarunya yang bisa Anda lihat pada halaman website resmi OpenCart.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar