Sejarah multimedia
· Istilah
multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan
lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia.
·
Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya
Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989
mengenai perangkat lunak audio visual connection(AVC) dan video adhapter card
ps/2
· Pada tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700 produk
dan sistem multimedia dipasaran.
· Multimedia
memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang
jauh lebih kaya dari pada media table dan grafik konvensional. pemakai
dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak atau animasi dan
mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat musik.
· Beberapa
sistem multimedia bersifat interaktif, memungkinkan pemakai memilih output
dengan mouse atau kemampuan layar sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan
aplikasi itu.
Pengertian multimedia
Ø Multi-banyak,
Media-sarana berkomunikasi untuk melewatkan informasi.
Ø Suatu
sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan alat – alat lain
seperti televisi, monitor video dan sistem piringan optik atau sistem stereo
yang dimaksudkan untuk menghasilkan penyajian audio visual yang utuh.
Beberapa pakar mengartikan multimedia sebagai berikut :
- Multimedia
secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara,gambar dan teks (Mc
Cormick,1996)
- Multimedia
adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari
data,media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik,
dan gambar (Turban dkk, 2002)
- Multimedia
merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif
yang mengkombinasikan teks grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin
dan Linda, 2001)
- Multimedia
adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,
audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan
tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi
dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
“
Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,
grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link
dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi,
berkreasi, dan berkomunikasi “
Kelebihan Multimedia
Dari berbagai media informasi, multimedia memilki suatu
kelebihan tersendiri yang tidak dapat digantikan oleh penyajian media informasi
lainya.
Kelebihan dari multimedia adalah
menarik indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan,suara
dan gerakan.
Lembaga riset dan penerbitan komputer
yaitu Computer Technology Research (CTR) menyatakan bahwa orang hanya mampu
mengingat 20 % dari yang dilihat dan 30 % dari yang didengar.
Tetapi orang mengingat 50 % dari yang dilihat dan didengar dan 80 % dari
yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus.
Komponen Multimedia
Menurut
James A. Senn, multimedia terbagi dalam beberapa element-element
multimedia
a. Teks
Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan
dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam
multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks bergantung kepada penggunaan
aplikasi multimedia.
b. Image (grafik)
Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau
publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi
kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas menyajikan data
yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna. Gambar juga dapat
berfungsi sebagai ikon, yang bila dipadukan dengan teks, merupakan opsi yang
bisa dipilih.
c. Bunyi (audio)
PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut
unimedia, bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia
melalui suara, musik dan efek-efek suara. Seperti halnya grafis, dapat membeli ataupun menciptakan
sendiri.
d. Video
Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi
aplikasi multimedia.
e. Animasi
Dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer
untuk menciptakan gerak pada layer.
f. Virtual Reality
Virtual reality merupakan penggunaan multimedia untuk
penerapan secara langsung.
NTSC
System
NTSC
(National Television System Committee) merupakan sistem milik Amerika Serikat dengan lebar layar
525 baris, digunakan di negara Kanada, Greenland, Mexico, Kuba, Jepang,
Philipina, Puerto Rico dan beberapa negara di Amerika Selatan.
Resolution
: NTSC
640 X
480
NTSC DV 720 X 480
NTSC WideScreen 720 X 480
NTSC D1 720 X 486
NTSC Square Pix 720 X 540
Frame
Rate : 30 fps
PAL
dan SECAM System
Banyak
negara yang menggunakan kedua sistem ini yakni PAL (Phase Alternating Line)
atau SECAM (Sequential Color and Memory). Kedua sistem ini memiliki lebar
layar 625 baris
Resolution
: PAL D1/DV
: 720 X 576
PAL D1/DV Square Pix : 768 X 576
PAL D1/DV
WideScreen : 720 X 576
Frame
Rate : 25 fps
HDTV
HDTV
(High Definition Television) adalah standar internasional baru untuk dunia televisi.
HDTV dapat digunakan dalam 1.125 baris.
Resolution
1280 X 720
Frame
Rate 29.9 Fps
Software
Multimedia
- Viewing:
Untuk melihat hasil pemgolahan multimedia (Winamp, power DVD)
2. Capturing : Untuk mendapatkan hasil
rekaman yang didapat melalui device multimedia. (software scanner, capture,
camdig)
- Editing
: Untuk mengolah bahan multimedia menjadi senuah sajian (adobe)
- Authoring
: Software Multimedia untuk keperluan interaktif (director, flash)
Setelah satelit Palapa
C1 dan C2 diluncurkan beberapa tahun yang lalu, banyak perkembangan-perkembangan
baru yang terjadi. Misalnya ditaburkannya satelit komunikasi diatas langit
Indonesia oleh perusahaan-perusahaan asing yang mana pengusaha Indonesia juga
terlibat dalam kepemilikan sahamnya, seperti PT. Bakri Communication
Corporation pada Irridium Project, sebuah proyek telepon satelit dunia untuk
memecahkan masalah blank spot pada telepon selular biasa, AMPS atau GSM.
Indosat pun masuk menjadi salah satu pemodal pada konsorsium ICO Global
Communication (ICO-GC), sebuah telepon satelit setelah Irridium. Diluar
Indonesia, Microsoft juga merambah industri satelit layanan komunikasi yang
lain, seperti internet, video conference atau video on demand. Dan proyek
Microsoft yang terkenal saat ini adalah CyberStar atau Internet di Angkasa.
Meskipun di Indonesia layanan multimedia sudah beroperasi,
tetapi terminology mengenai multimedia sendiri masih sempit di dalam benak
masyarakat Indonesia. Teknologi multimedia selalu diasosiasikan dengan Personal
Computer (PC). Padahal pengertian sebenarnya sangat luas. Multimedia merupakan
keterpaduan teknologi informasi (misalnya komputer) dengan teknologi komunikasi
(misalnya jaringan kabel coaxial atau satelit). Kalau dipisahkan berdasarkan
etimologi kata, multimedia terdiri dari kata multi dan media. Multi berarti
beragam, sedangkan Media berarti sarana penyampaian informasi. Jika sebuah PC
disebut multimedia, maka PC tersebut memiliki kemampuan menampilkan gambar
bergerak dan suara, misalnya dari Video Compact Disc, Audio Compact Disc, serta
dapat berkomunikasi antar komputer atau jaringan komputer melalui modem.
Di Indonesia, perkembangan multimedia tidak lagi hanya di bidang bisnis
tetapi juga dikembangkan dibidang pendidikan, politik, jurnalistik, dll. Hampir
setiap sekolah atau universitas di kota-kota besar di Indonesia memiliki ruang
multimedia sendiri yang digunakan sebagai bagian dari proses pembelajaran dan
melek teknologi bagi siswa-siswi di Indonesia. Di bidang politik, para pejabat
juga memanfaatkan teknologi teleconference sebagai diplomasi jarak jauh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar